kesehatan

Demamnya dek afrah

Duch… sedihnya umma dan babah karena dek afrah demam. Semua anggota keluarga berasa sedih. Hihks hiks hiks 😥

image

(Foto diambil sehari sebelum demam)

Awalnya dek afrah muntah-muntah sehabis mimik sama ummah. Posisi mimiknya yg ngk bener jadinya dek afrah sampe gummoh keluar asi dari hidung juga. Entah karena itu atau karena lainnya malemnya dek afrah menunjukkan suhu badan yang lumayan panaas. Kalo tidur mintaknya di keloni terus. Dek afrah sering muntah. Kalo tidur nafas nya tersengal persis tercekat. Duch jadi keinget waktu dek afrah baru lahiran. Umma panik campur capek.

Esoknya.. dek afrah tetep demam. Rewel banget dach. Kalo udah gini biasanya umma udah mulai ngk sabar. Cepet capeknya. Maunya ngomel2 aja. Jadilah babah yang super duper sabar yang jagain dek afrah. *Hihihi

image

Foto dek afrah lagi demam

Kalo dah gini afrah kelihatan lesu. Ngk mau makan. Maunya minum aja. Usut punya usut. Berdasarkan hasil googling umma dan babah didapat kesimpulan kalo dek afrah radang tenggorokan (i waw googler banget) haha 🙂 tapi betul sich suara dek afrah parau. Radangnya ini bisa jadi disebabkan pengaruh muntah yang mwngandung asam lambung melukai bagian tenggorokan atau bisa juga disebabkan batuk pilek yang  baru di sadari turut menyerang afrah. Nah kalo batuk pilek ini disebabkan suhu udara yang panaas banget plus imunitas afrah yang masih rendah. Cuaca kota yang pancaroba turut mendukung penyebab batuk pilek pada bayi.

Dan umma melakukan segala cara supaya dek afrah lekas pulih. Hal-hal yang umma lakukan ketika afrah demam bapil :
1. Untuk menurunkan demam nya umma baluri badan afrah sama minyak butbut. Kandungan minyak ini dapat menurunkan demam pada anak-anak. Selanjutnya kompres biasa dengan air hangat.

2. Jaga badan dek afrah dari udara bebas. Buat agar tetap hangat. Di bagian sekitar dada umma baluri campuran bawang merah yang sudah di iris plus minyak telon. Cara ini di gunakan untuk menjaga pernafasan afrah agar tidak tersumbat.

3. Jaga kebersihan badan afrah. Walaupun demam, afrah tetap ummah mandikan dengan air hangat. Supaya badan dek afrah seger. Mandinya sebentar aja. Jangan kelamaan.

4. berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi sekitar jam 7 sampe jam 9 pagi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan bayi. Terutama bagi dek afrah yang lagi batuk pilek. Semoga bisa mengencerkan dahak dan mudah di keluarkan  dari tubuh.

5. Berikan ASI sesuka afrah. Karena asupan makanan semi padat saat ini susah buat di makan oleh afrah. Umma harus siap memberikan asi kapanpun afrah mau. Selain itu air putih hangat juga dapat membantu mengurangi peradangan di tenggorokan.

6. Umma mengkonsumsi sumber vitamin c. Vit c memiliki manfaat yang baik untuk memberikan imunitas pada tubuh. Diharapkan kandungan ASI umma bisa memberikan manfaat untuk afrah.

7. Tetap terjaga saat afrah terlelap. Menjaga posisi tidur afrah agar selalu nyaman. Posisi tidur miring ke kiri ataupun tengkurap bisa memberikan kenyamanan dalam tidur. Kadang2 kalo afrah keringetan siap2 umma jadi tukang sate maksudnya kipasin afrah.

8. Keep sabar… sabar dan sabar. Kalo udah gini rasanya umma bawaannya mau kesel aja. Kadang suka celoteh kenapa sich Tuhan kasih afrah sakit. Kan kasian tuch masih kecil. Tapi ummah berfikir positif aja. Ummah sedang di ajarkan cara bersabar. Dan ummah pun berdoa agar Tuhan berikan kesabaran dalam diri umma. Dan well… berhasil! Doa umma terkabul dengan di buktikan tentram dan damainya hati umma dalam menghadapi rewelan afrah. Tengkyu God its work! 😥 terharu

Dan Tuhan.. tolong sehatkan afrah. Sehatkan kami semua. Lindungi kami dari segala yang bisa mencelakakan kami. Serta wujudkan mimpi kami. Amin

image

(Get well soon afrah.. kami  sayang afrah)

*kondisi afrah membaik. Demamnya sudah turun. Batuk pileknya masih. Butuh istirahat.

Tinggalkan komentar