berfaedah, Sirah sahabat #bookreview

Miqdad bin ‘Amr

Kisah sahabat Rasulullah SAW

Hari ini Rabu 12092018 ummah kebagian jatah book review 60 sirah sahabat penulis khalid muhamad khalid penerjemah Muhid dhofir penerbit Al-I’tishom Cahaya Umat, Cetakan ke 7 2017. Kali ini ummah akan menceritakan tentang kisah miqdad bin Amr (Hal. 101).

Miqdad bin Amr atau yang biasa di kenal Miqdad bin Aswad adalah tokoh yang sedang kita bicarakan. Dimasa jahiliyah, ia diambil anak oleh Aswad bin abdi yaghuts. Karena itu ia di panggil Miqdad bi Aswad. Tetapi setelah turunnya firman Allah yang melarang penisbatan nama seseorang ke ayah angkatnya, nama Miqdad di nisbatkan ke nama ayah kandungnya ‘Amr bin Sa’d.

Miqdad merupakan tentara berkuda pertama dalam perang badar. Dikisahkan pada waktu perang badar melawan kafir quraisy, kaum muslimin jumlahnya hanya 1/3 dari kaum kafir. Ini merupakan peperangan pertama dan kaum muslimin pada waktu itu belum teruji dalam peperangan membela islam. Jumlah anggota pasukan islam berkuda ketika itu tidak lebih dari tiga orang, salah satunya adalah Miqdad.

Kiprah miqdad dalam perang badar tersebut senantiasa terukir indah dan tidak akan terlupakan. Bahkan sahabat Rasululah lainnya Abdullah bin Mas’ud ra berkata “aku telah menyaksikan kiprah miqdad. Seandainya aku yang melakukan kiprah itu, tentu lebih aku sukai daripada semua yang ada di muka bumi ini”

Dikatakan dalam riwayat pada waktu jajak pendapat antara Rasululah dan para sahabat, miqdad merupakan salah satu yang mengungkapkan keberaniannya dan semangatnya untuk melindungi Rasulullah Saw.

Selain itu, miqdad juga terkenal dengan kebijakannya dan pola pikirnya yang mendalam. Pada waktu itu ia pernah diangkat oleh Rasulullah saw sebagai gubernur di suatu wilayah. Takkala ia kembali dari tugasnya, Nabi bertanya “Bagaimana dengan jabatanmu?” Ia jawab dengan jujur “Engkau telah menjadikanku menganggap diri ini di atas rakyat sedang mereka di bawahku. Demi yang telah mengutusmu membawa kebenaran, mulai saat ini saya tidak akan menjadi pemimpin sekalipun untuk dua orang”.

Miqdad merupakan sosok yang bijak, laki-laki yang tidak tertipu oleh dirinya dan kelemahannya. Jika jabatan kepemimpinan dianggapnya sebagai suatu kemegahan yang menimbulkan atau hampir menimbulkan kehancuran bagi dirinya, maka syarat untuk mencapai kebahagian baginya adalah menjauhinya.

Selain itu, sikap bijak miqdad terlihat dalam kehati hatiannya dalam menilai seseorang. Miqdad sering menangguhkan penilaian terakhir terhadap seseorang sampai dekat saat kematian mereka. Tujuannya adalah agar orang yang akan dinilainya tidak mengalami hal baru lagi.

Kecintaan miqdad kepada islam tidak terkira besarnya. Ia juga orang yang bijak dan memahami permasalahan dengan benar. Cintanya kepada Rasulullah menumbuhkan rasa tanggung jawab atas keselamatan Rasulullah. Cintanya kepada islam menyebabkan bertanggung jawab untuk membela ajaran islam.

Cita-citanya yaitu kejayaan islam saat ia meninggal dunia. Ia perjuangkan cita-cita ini dengan penuh kesabaran dan pengorbanan bersama rekan-rekan lainnya. Hingga ia layak menyandang sabda Nabi saw., “Sesungguhnya Allah menyuruhku menyayangimu, dan memberitahuku bahwa Dia menyayangimu.”

Demikian kisah singkat tentang miqdad bin ‘Amr sang tentara berkuda pertama dalam sejarah islam.

Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk senantiasa bersemangat mencintai Allah dan Rasulnya Nabi Muhamad saw..

Advertisements
jalan jalan, sahabat, yang di kenang

Kebun bunga matahari

Saat ini kita berada di kebun bung

a matahari. Suatu hari kita akan dalam pengajian yang sama.. harapan saya semoga kita bersama berlomba lomba dalam kebajikan.

Dear ayuk ayuk cantik yang semoga senantiasa dirahmati Allah. Semoga Allah tetapkan senantiasa hati kita dalam kebaikan.

Terimakasih sudah membersamai kehidupan saya sejak tahun 2012. Menerima saya dalam komunitas yang dibingkai dalam kata persahabatan. Meski persahabatan kita bagai kepompong, kadang kepo dan juga rempong. Namun tetap kalian the best..

Harapan lagi semoga kita yang semulanya berlima, esok akan tetap berlima. Ayoolah.. ini dunia tempatnya menimba pahala. Segeralah selesaikan pertikaian.. hehe

Telah jelas dalam ayat cinta Allah, dimana Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤىِٕ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ
innalloha ya`muru bil-‘adli wal-ihsaani wa iitaaa`i zil-qurbaa wa yan-haa ‘anil-fahsyaaa`i wal-mungkari wal-baghyi ya’izhukum la’allakum tazakkaruun

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.”
(QS. An-Nahl 16: Ayat 90)

* Via Al-Qur’an Indonesia http://quran-id.com

Emang sih susah.. buat memulai sesuatu yang udah terlanjur begitu adanya. Termasuk penulis sendiri yang sedang mengalami nyenggol dikit fase permusuhan. Haha..

But overall semoga Kebaikan senantiasa tercurah untuk kita.

Love u all..

keluarga, nasehat ummah, yang di kenang

Annisa dan Marching band nya

Annisa dan Marching bandnya

Dah hampir 2 tahun gabung di marching band SD 03..Mulai dari pegang pianika terus pegang alat musik apa ini yang di depan.. ada yg tau?? (ummi pun tak tau.. hehe)

Dulu dulu sekali.. waktu ummah masih SD musik kek marching band itu bukan ummah banget.. (lah dulu dan sampe sekarang pun SD ummah belum ada yang begituan).. haha

Waktu annisa bilang ingin ikut gabung marching band gegara liat di lapangan depan rumah tim marching band tampil dengan eloknya dalam rangka 17 agustus 2015 ummah pun mengangguk setuju sembari kesana kemari cari2 kostum yang memang tidak ada yang baru (adanya bekas kakak seniornya). Ummah masih ingat harga kostum itu 150rb masih bagus dan komplit.

Ummah tau kamu nak.. interestingnya kamu dengan group ini terlihat jelas dalam kesungguhan mu belajar, menghafal tiap not demi not sehingga terdengar merdu menjadi lantunan irama lagu. Seperti halnya tertariknya kamu dengan komik Deolong yang bisa kamu ulangi lagi dan lagi… Bahkan cerita-cerita mu sehabis latihan tentang disiplinnya “pak prayit” pengajar marching band itu turut menjadi memori yang tersimpan..

Semester ganjil depan annisa sudah kelas 6.. itu artinya kebersamaanmu dengan group ini akan segera berakhir. Kemaren tgl 9 mei 2017 kalian tampil lomba dalam rangka HUT Muratara. Dan untuk kesekian kalinya kalian berhasil menyabet juara. Ini penampilan lomba yang bisa ummah dan abi ikutin.. (sebelum2nya ditemani nenek datuk dan bahkan pernah berangkat sendiri tanpa dampingan kami).

Kamu itu hebat nak.. Yach.. Annisa hebat.. ummah banyak belajar dari dirimu nak. Tentang arti perjuangan, arti kata gigih..dan bersungguh-sungguh. Besok2 kalo annisa sudah besar lihat lah video ini.. lihatlah kegigihan mu, perjuanganmu dan kesungguhanmu melakukan yang kamu sukai.

Muara bungo, 11 Mei 2018

Cinta yang banyak untuk mu “Annisa Shofiya Fajri”

jalan jalan, keluarga, Kerja, Uncategorized, yang di kenang

Petualangan kita

Yeay.. Alhamdulilah bisa menikmati hari hari di palembang bersama-sama.

Naeek kereta pergi tanggal 04 april 2018 pulangnya tanggal 07 april 2018. Tidak ada hambatan.. semuanya lancar jaya.

Afrah dan annisa masing masing membawa tas ransel berisi pakaian masing2. Mereka berdua tampak senang dengan perjalanan ini.

Petualangan kita
Palembang

Kita nginep di barong hotel.. tempatnya strategis banget. Annisa dan afrah bolak balik ke Mall PS tanpa pengawalan kami.. wow..

Kali ini kami juga singgah ke transmart.. ada trans studio mini yang bikin hati senang..

Beberapa permainan yang telah di coba annisa dan afrah semuanya menyenangkan.. kecuali yang di bawah ini yach.. ini permainan gagal bikin afrah seneng.. malahan bikin sedih nangis ketakutan. Si afrah takut dengan dinosaurusnya yang seperti aslinya.. mengeluarkan suara, perutnya kembang kempis, lehernya bergerak-gerak.. tuch lihatlah ekspresi afrah..

Hehee.. tapi secara keseluruhan semuanya menyenangkan koq. Bahkan afrah ngk mau pulang ke lubuklinggau lagi. Maunya tinggal di hotel saja.. haha ada ada saja..

Karena tugas dinas ummah berakhir jadi kita harus pulang.. ih ketauan jadinya.. iya benar.. kitah ke palembang dalam rangka Dinas Luar. Ummah ditugaskan untuk menghadiri forum organisasi perangkat daerah di Bappeda Provinsi. Misinya adalah menggiring usulan perencanaan untuk di akomodir oleh Provinsi.

Meskipun DL tidak membawa uang.. tapi kami pulang dengan membawa sejuta kebahagian.. itu rizki yang tak terkira..

Bersyukur dengan semua nikmat ini.. Allamdulilah..

jalan jalan, keluarga, Kerja, Uncategorized

Dibalik layar Rakerkesnas 2018

Seringkali kita menganggap perjalanan dinas adalah sebuah kesenangan bagi kita yang hobby traveling. Pasalnya dinas ini memberikan bonus jalan2 dan uang lumpsum yang lumayan gede.. tapi tidak untuk saya.. bagi saya DL adalah tantangan terbesar dalam hidup ini.. hehe..

#05 maret sd 09 maret 2018

04 maret 2018

3 hari sebelumnya telah jadi perbincangan keluarga kita. Topik yang kita angkat tentang ditugaskannya ummah untuk ikut rapat kerja kesehatan nasional di ICe Nusantara Hall Jakarta. Annisa dan afrah mulai bersuara dan protes agar ummah tidak pergi. Mendapatkan izin dari mereka adalah sebuah tantangan tersendiri bagi ummah.

Walau dengan sedikit drama, akhirnya ummah bisa mengantongi juga izin dari mereka. Waktu di tanya kenapa ummah ke jakarta sama afrah.. ummah jawab kerja. Sepertinya mereka sudah sangat paham dengan istilah kerja.

05 sd 09 maret 2018

Ummah kerja nak.. mengikuti secara hikmat rangkaian acara demi acara.

Tapi ada satu hal yang ummah sesalkan.. ummah tak mampu melawan ego diri ummah. Masalah bayar membayar sebagai peserta tambahan adalah hal yang mustinya ummah sadari bahwa ummah musti dan kudu membayar. Tapi ummah terperangkap akan rasa ketakutan ummah.. takut akan mendapatkan uang lumpsum yang lebih sedikit. Dan lagipula ego diri ummah makin meningkat melihat harga yang harus di bayar tak sebanding dengan fasilitas yang di berikan oleh panitia. Ah.. bodohnya ummah!!!

Jelas saja waktu itu ummah mencuri.. ikut-ikut an menikmati fasilitas yang bukan hak ummah. Huu.. rasanya kesel sekali.. begitu lemahnya iman ummah nak.. ah andai saja waktu mampu di putar..

Sungguh benar firman Allah Swt :

Allah SWT berfirman:

وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَالْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِ ۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ
wa lanabluwannakum bisyai`im minal-khoufi wal-juu’i wa naqshim minal-amwaali wal-anfusi was-samaroot, wa basysyirish-shoobiriin

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155)

* Via Al-Qur’an Indonesia http://quran-id.com

Duhai Allah.. ampuni hamba. Yang tidak mampu bersabar.. Hamba mohon ampunan, petunjuk jalan lurus.. maafkan kekhilafan dan dosa ini. Sebagai gantinya.. ikhlaskan diri hamba untuk bersedekah sebanyak apa yang mustinya saya bayar. 750rb (sengaja ummah catet di sini biar ingat). Karena hati ini milikmu ya Alloh.. Engkaulah yang mampu membolak balikkan hati.

09 maret 2018

Ummah di jemput kalian di bandara. Senangnya ummah bisa bersama kalian lagi. Menikmati setiap detik waktu bersama kalian adalah mukzijat yang indah dalam hidup ini. Kita mulai bercakap-cakap tentang momen2 yang telah kita lalui saat terpisah jarak.

Dek hammam menunjukkan kepandaian baru.. wajahnya berubah jikalau sedang marah dan kecewa.. bibirnya menjadi mewek. Momen ini bikin ummah ketawa dan segera ummah abadikan dalam foto berikut ini ..

Sedangkan afrah menjadi anak yang kurang berani.. padahal sebelumnya dia pemberani. Penyebabnya adalah ikutan bungsu nonton film hantu. (Afrah nginep sama nenek dan bungsu) Hadeehh.. ada ada saja..

Ummah cinta kalian nak.. annisa, afrah dan hammam..

Uncategorized

Singapore tanpa kalian

Tgl 1 februari 2018 sd 3 februari 2018, ummah pergi ke singapore tanpa kalian nak..

H -2 hari keberangkatan ummah berpamitan sama afrah.. ah.. ummah ikutan nangis nak. Dengerin kata kata afrah yang tidak ingin ummah pergi. Si annisa dengan pertanyaan retorikanya pun bertanya kepada ummah. Kenapa umm harus pergi??

Ummah bingung menjawabnya.. tak ada alasan kuat karena Allah yang membuat ummah melakukan traveling ini. Hanya satu saja niatan diri sebagai bentuk aktualisasi diri, sebuah kesempatan untuk ummah menjadi tour leader buat temen2 ummah yang pingin jalan bareng.

Tak tenang rasa dalam hati selama perjalanan.. berasa kayak hati ini tega banget. Sepanjang perjalanan berdoa semoga Allah meridhoi langkahku dan menjaga anak2 ku.

Nak.. ummah tak bisa berpergian tanpa kalian. Ummah berasa makan sayur tanpa garam. Hambar terasa.. makin hari ummah makin kenceng berdoa semoga ummah dan kalian dimampukan kemana2 selalu bersama.

Entah seperti apa caranya, biarkan Allah saja yang menetapkannya. Tak perlu ummah sibuk mengkalkulasi secara dunia karena kalkulator dunia seringkali tak mampu mengukur nikmat Allah.

Kerja, yang di kenang

Lomba Cerdas Cermat Kader

Ah senangnya bisa menjadi panitia lomba cerdas cermat kader. Cerdas Cermat ini dilaksanakan tanggal 16-November-2017 di Aula Linggau Pos Lantai 2. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tingkat Kota Lubuklinggau.

panitia lcc
TIM panitia Lcc

Pada Hari Kesehatan Nasional Tahun 2017 tema yang di angkat adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Kita tahu bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah PERILAKU. Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu. Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang.

Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga. Program lain yang didorong adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dengan GERMAS, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

Dengan mendorong Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan GERMAS, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya.

Salah Satu upaya dalam mewujudkan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan GERMAS adalah mengaktifkan potensi Kader Kesehatan. Kader kesehatan adalah seseorang yang mau dan mampu melaksanakan upaya-upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di bawah pembinaan petugas kesehatan yang dilakukan atas kesadaran diri sendiri dan tanpa pamrih apapun. Hal tersebut sejalan dengan  prinsip bahwa masyarakat bukanlah sebagai objek akan tetapi merupakan subjek dari pembangunan itu sendiri. Pada hakekatnya kesehatan dipolakan mengikut sertakan masyarakat secara aktif dan bertanggung jawab.

Berangkat dari hal tersebut diatas dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2017, Dinas Kesehatan KotaLubuklinggau bekerja sama dengan mitra kerja  mengadakan Lomba Cerdas Cermat bagi kader kesehatan dengan Tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku Linggau BISA”.

Lomba Cerdas Cermat yang diselenggarakan ini merupakan improvisasi dari Kuis Siapa Berani tapi tetap pada akhir babak menggunakan kekompakan tim.

*Tujuan Umum  dari pelaksanaan lomba cerdas cermat ini adalah :

Meningkatkan potensi dan peran kader kesehatan secara optimal sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayahnya

*Tujuan Khusus :

  1. Mendidik para kader tentang pentingnya Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan GERMAS sebagai upaya promotif dan preventif terhadap masalah-masalah kesehatan.
  2. Mengaktifkan peran kader dalam mendeteksi masalah-masalah kesehatan secara dini yang ada diwilayah kerjanya sehingga mampu mengambil inisiatif untuk menyelesaikan masalah-masalah kesehatan tersebut.
  3. Meningkatkan koordinasi atar petugas kesehatan dan kader untuk melaksanakan upaya-upaya kesehatan masyarakat.

Kalo ada yang nanya sumber dana? Hmm.. ini murni uang sumbangan sukarela. Bukan uang kegiatan negara. Beneran dach.. Panitia juga ikutan nyumbang.. haha

Peserta terdiri atas 10 orang kader Kesehatan yang mewakili Wilayah Kerja Puskesmas. Terdapat 9 Puskesmas yang ada di Kota Lubuklinggau. Puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Perumnas, Sidorejo, Megang, Petanang, Citra Medika, Taba, Swasti saba, Simpang Periuk dan Sumber Waras. Total Jumlah peserta ada 90 orang kader.

Bicara soal peserta, waw waw.. mereka luar biasa banget!! Ibu-ibu kader itu beneran deh bikin ummah baperan. Semangat mereka luar biasa, Ya Alloh kalah dah ummah sama mereka. Terlihat banget kalo mereka prepare banget dengan perlombaan ini. Buktinya ya,, Di babak yel-yel mereka menampilkan tampilan terbaik (ada yang seragam baru) Selain itu, dari soal-soal yang di susun oleh panitia hampir semua kader bisa menjawab dengan sempurna (ada yang dapat poin 90 dari 100 pada babak seleksi). Waw waw Keren Banget yak//

lcc keren
aksi kader saat babak yel-yel

 

lcc aksi
kader kompak kader juara

Senang bisa menjadi TIM panitia LCC Kader, bekerjasama itu emang menyenangkan. Karena kita TIM maka kita bekerjasama!!