keluarga, Kerja, yang di kenang

Oh Finger print

Hai…ngeklik juga.. selamat datang.. ini pagi yang cerah secerah hati ummah. #eitsda

14 januari 2019

Pagi ini adalah jadwal nya merekam absensi perdana lewat alat finger print di kantor ummah. Wah.. dengan adanya mesin absensi sidik jari ini berarti tingkat kedisiplinan pegawai di kantor ummah bakalan menanjak. *cihuy..

Karena jarak dari rumah ummah ke kantor itu lumayan butuh waktu 20 menit berkendara. Maka ummah harus berangkat dari rumah sekitar pukul 07:00 wib sehingga dengan demikian dapat diperhitungkan ummah akan tiba di kantor sekitar pukul 07:30 waktu yang pas.

Harapan ummah ke depannya mesin ini kagak rusak, selalu baik baik saja. Sehingga tingkat kedisiplinan pegawai makin terjaga.

Dan yang paling harus di pahami bahwa absensi FP tersebut only tools ya.. buat kita abdi negara supaya datang dan pulang tepat waktu. Selanjutnya kerja kerja lah.. ada output yang mesti kita hasilkan setiap harinya.

Maunya ummah.. ada tools juga nih buat yang begitu. Jadi hasil output pegawai itu bila perlu di scan dan di nilai setiap harinya. Haha.. ribet amat yak.. 😂

Tapi gpp juga.. menurut ummah itu keren banget. Jadi bisa efisiensi negara. Katanya belanja terbesar dalam postur anggaran pemerintah itu adalah belanja pegawai termasuk gaji.. nah.. kalo pegawai nya produktif punya output setiap hari nya dijamin dah anggaran belanja pegawai asli terefisiensikan setiap harinya. 😥😃

Ehm.. cuman gini yak, curcol dikit.. karena menurut ummah jarak kantor ummah dari rumah itu lumayan jauh. Kalo istirahat siang terus mau pulang itu gak banget dah. Ngabisin anggaran buat beli bensin. Padahal kita nya mau hemat sehematnya karena bentar lagi mau family traveling.. uppss.. 😁😂

Jadi Tuhan Yang Maha Baik, ada 2 pilihan yang ummah inginkan agar Tuhan kabulkan. Pertama : tolong pinjemin kami rumah dekat kantor ummah sekarang. Dan atau Kedua : tolong permudah supaya ummah dapet kerja di dekat rumah ummah sekarang. Dekatnya itu kira” 5 menit berkendara lah.. jadi bisa pulang buat istirahat dan lihat anak”.

Ummah serahin dah urusannya sama Allah. Banyakin rezeki saya ya Allah. ummah janji ummah usahakan datang dan pulang tepat waktu, lalu berkinerja setiap harinya. Aamiin

Eh iya.. sekarang tgl 15 januari 2019 artinya hari kedua Fp dan masalah pagi ini adalah terburu-buru nya pagi ini bikin ummah lupa cium abi.. ini nih yang bikin gagal dapet pahala. Padahal setiap harinya ummah musti dan kudu ngumpulin pahala. 😭

Eits.. tapi asyiknya pagi ini bisa sambil nganter ayuk nisa sekolah. Cihuy.. dapet ciuman dari anak sulung yang smart dan bercita cita jadi hafizah aamiin

Demikian cerita pagi ini.

*menulis adalah merekam jejak

Advertisements
berfaedah, Kerja, kesehatan

Pelayanan Kesehatan Obgyn Puskesmas Kota Lubuklinggau

Dah mulai tumbuh

Dulu.. waktu saya tek dung (dibaca hamil) saat tugas belajar yang menyenangkan di Kota Palembang. Saya sempat menikmati pelayanan kesehatan ibu hamil di puskesmas. Berbekal informasi ada nya layanan dokter spesialis kandungan dengan peralatan usg di puskemas tersebut saya datang dengan mendaftar sebagai pendaftar umum.

Waktu itu, kebetulan bpjs saya saya arahkan ke puskesmas lain di kota tersebut yang belum ada layanan usg. Alasan memilih puskesmas tersebut karena arah rujukan Rumah sakit nya adalah RS yang saya rencanakan untuk tempat lahiran nantinya. Walaupun pada kenyataannya saya akhirnya melahirkan di Kota domisili saya Lubuklinggau. Ya namanya manusia hanya bisa berencana Haha.. 😂

Meskipun berobat umum, tapi kagak mahal loh ya, seingat saya, saya hanya cukup mengeluarkan uang 20rb untuk pendaftaran, 30 rb untuk tes HB dan HIV. Murah..? Iya menurut saya sangat murah. Dengan keberadaan dr spesialis, terus di usg lalu di tambah tes hb serta hiv, angka 50rb sungguh sangat murah. Please jangan di samakan dengan video uang 100rb dari nenek sebrang yang katanya bisa dapat banyaak bahan pangan.. 🤣🤣

Pada awalnya ekspektasi saya biasa saja. Lah iya, masak 50rb mau dapet pelayanan kesehatan maksimal? Fikir saya waktu itu. Saya nikmatin waktu tunggu pasien sambil berbaur dengan pasien lainnya. Antriannya lumayan panjang, saya maklumin sangat karena ini fasilitas kesehatan milik pemerintah 😃. Yang secara umumnya pasiennya adalah masyarakat dan pns yang gaji bulanan pas-pas an untuk memenuhi sandang, pangan dan papan. Dan yang bisa jalan2 ke luar negri kalo ada promo seat. Curcol dah 🤣 haha

Alhamdulilah, ternyata saya mendapatkan layanan yang luar biasa. Diluar ekspektasi saya.. 😅. Dokter spesialis yang periksa ramahnya kebangetan, sabar juga jawabin pertanyaan saya, teliti banget dengan pasiennya. Bahagia saya waktu itu maksimal… hihi

Dalam hati saya berdoa, saya ingin lubuklinggau seperti ini. Melayani pasien di puskesmas dengan tenaga dokter spesialis.. saya ingin semua ibu di kota saya tak peduli status dan strata bisa menikmati layanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin secara maksimal.

Alhamdulilah, dapat postingan dari teman Puskesmas Simpang Periuk yang menunjukkan “dah mulai tumbuh” arah pelayanan kesehatan yang maksimal tersebut.

Sejak di berlakukannya BLUD Puskesmas di Kota Lubuklinggau, semangat puskesmas untuk melayani pelanggan semakin luar biasa. “I’m proud of you all” 😘

Dulu tahun 2014 ke bawah bukan main perjuangan teman puskesmas, bahkan sekedar untuk beli peralatan bersih2 kantor saja musti nunggu dari Opd (sedih 😭 ). Sekarang mah Puskesmas sudah berdikari, merencanakan secara matang agar semakin banyak pelanggan sehingga makin banyak pendapatan. 😍😍

Selamat teman2 puskemas simpang periuk. Maju terus teman2 puskesmas di Kota Lubuklinggau.

berfaedah, Kerja, yang di kenang

Evaluasi akuntabilitas Kinerja

Evaluasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi
Hotel horizon ultima palembang, 23 sd 26 september 2018.

Kalo bahasa nya saya Evaluasi Sakip ini adalah caranya Kemenpan Rb memotret kepiawaian esselon II dalam memimpin Organisasi Perangkat Daerah. Seorang Pemimpin dituntut mampu untuk menurunkan visi misi walikota menjadi turunan kinerja dan selanjutnya di balut dalam program dan kegiatan, sehingga muncullah bagaimana cara kita untuk mencapai tujuan tersebut.

Jelas, pemerintah berusaha kéras agar uang hasil jerih payah masyarakat, pengusaha dll yang dititipkan kepada negara lewat pajak dll dapat bermanfaat berdasarkan pemetaan kinerja yang ingin di capai. Di kesehatan sendiri selain berdasarkan analisa situasi ada berbagai kinerja “pesanan” yang sifatnya top down yang harus kami capai, misalnya Standar Pelayanan Minimal atau yang di singkat SPM dan Sustainable development goals (SDGs).

Kalo ada yang iseng nanya berapa jumlah indikator kinerja yang ada di Kesehatan. Jawabannya pastilah banyak sodara sodara. Kalo Ka.OPD mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan menjelaskan satu persatu IK nya sungguh patut diberikan apresiasi setinggi tingginya. Terus yang begitu adakah di daerah?? Hehe.. ada sodara sodara.. pasti ada. Yakin deh.. pasti ada.

Acara Evaluasi SAKIP ini patut di apresiasi. Saya berharap akan selalu ada evaluasi sakip tiap tahunnya sehingga cita2 good governance dan clean goverment itu bakalan bisa terwujud. Selanjutnya dengan demikian akan didapatkan pemimpin yang piawai dalam mencapai kinerja. Karena di tangan Pemimpin lah nasib bangsa ini berada.

Jelaslah, nasehat lama yang menyatakan bahwa jabatan pemimpin itu adalah amanah yang berat pertanggung jawabannya. Sangking beratnya sahabat Rasululah Miqdad bin ‘Amr ketika ditanya oleh Rasululah bagaimana pendapatnya setelah memimpin suatu daerah miqdad pun menjawab “…. bahwa mulai saat ini tidak akan memimpin sekalipun untuk dua orang” makna bahasa nya dalem sodara sodara. Iya Miqdad bin Amr paham betul akan kelemahan diri. Jika jabatan kepemimpinan dianggapnya sebagai suatu kemegahan yang menimbulkan atau hampir menimbulkan kehancuran bagi dirinya, maka syarat untuk mencapai kebahagian baginya adalah menjauhinya. Selengkapnya kisah Migdad bin ‘Amr bisa di baca di sini ya. https://annisadanafrah.wordpress.com/2018/09/12/miqdad-bin-amr/

Finally, saya jadi geli sendiri.. ini saya nulis apaan? Sebenarnya tujuan awal saya hanya numpang nge save foto. Tapi entah kenapa ngalir dengan sendirinya coretan ini. Biarlah, sebagai pengingat diri sekaligus menasehati diri agar semangat menjalani hari menjadi kuli negara. 😂😁

*catatankulinegara

jalan jalan, keluarga, Kerja, Uncategorized, yang di kenang

Petualangan kita

Yeay.. Alhamdulilah bisa menikmati hari hari di palembang bersama-sama.

Naeek kereta pergi tanggal 04 april 2018 pulangnya tanggal 07 april 2018. Tidak ada hambatan.. semuanya lancar jaya.

Afrah dan annisa masing masing membawa tas ransel berisi pakaian masing2. Mereka berdua tampak senang dengan perjalanan ini.

Petualangan kita
Palembang

Kita nginep di barong hotel.. tempatnya strategis banget. Annisa dan afrah bolak balik ke Mall PS tanpa pengawalan kami.. wow..

Kali ini kami juga singgah ke transmart.. ada trans studio mini yang bikin hati senang..

Beberapa permainan yang telah di coba annisa dan afrah semuanya menyenangkan.. kecuali yang di bawah ini yach.. ini permainan gagal bikin afrah seneng.. malahan bikin sedih nangis ketakutan. Si afrah takut dengan dinosaurusnya yang seperti aslinya.. mengeluarkan suara, perutnya kembang kempis, lehernya bergerak-gerak.. tuch lihatlah ekspresi afrah..

Hehee.. tapi secara keseluruhan semuanya menyenangkan koq. Bahkan afrah ngk mau pulang ke lubuklinggau lagi. Maunya tinggal di hotel saja.. haha ada ada saja..

Karena tugas dinas ummah berakhir jadi kita harus pulang.. ih ketauan jadinya.. iya benar.. kitah ke palembang dalam rangka Dinas Luar. Ummah ditugaskan untuk menghadiri forum organisasi perangkat daerah di Bappeda Provinsi. Misinya adalah menggiring usulan perencanaan untuk di akomodir oleh Provinsi.

Meskipun DL tidak membawa uang.. tapi kami pulang dengan membawa sejuta kebahagian.. itu rizki yang tak terkira..

Bersyukur dengan semua nikmat ini.. Allamdulilah..

jalan jalan, keluarga, Kerja, Uncategorized

Dibalik layar Rakerkesnas 2018

Seringkali kita menganggap perjalanan dinas adalah sebuah kesenangan bagi kita yang hobby traveling. Pasalnya dinas ini memberikan bonus jalan2 dan uang lumpsum yang lumayan gede.. tapi tidak untuk saya.. bagi saya DL adalah tantangan terbesar dalam hidup ini.. hehe..

#05 maret sd 09 maret 2018

04 maret 2018

3 hari sebelumnya telah jadi perbincangan keluarga kita. Topik yang kita angkat tentang ditugaskannya ummah untuk ikut rapat kerja kesehatan nasional di ICe Nusantara Hall Jakarta. Annisa dan afrah mulai bersuara dan protes agar ummah tidak pergi. Mendapatkan izin dari mereka adalah sebuah tantangan tersendiri bagi ummah.

Walau dengan sedikit drama, akhirnya ummah bisa mengantongi juga izin dari mereka. Waktu di tanya kenapa ummah ke jakarta sama afrah.. ummah jawab kerja. Sepertinya mereka sudah sangat paham dengan istilah kerja.

05 sd 09 maret 2018

Ummah kerja nak.. mengikuti secara hikmat rangkaian acara demi acara.

Tapi ada satu hal yang ummah sesalkan.. ummah tak mampu melawan ego diri ummah. Masalah bayar membayar sebagai peserta tambahan adalah hal yang mustinya ummah sadari bahwa ummah musti dan kudu membayar. Tapi ummah terperangkap akan rasa ketakutan ummah.. takut akan mendapatkan uang lumpsum yang lebih sedikit. Dan lagipula ego diri ummah makin meningkat melihat harga yang harus di bayar tak sebanding dengan fasilitas yang di berikan oleh panitia. Ah.. bodohnya ummah!!!

Jelas saja waktu itu ummah mencuri.. ikut-ikut an menikmati fasilitas yang bukan hak ummah. Huu.. rasanya kesel sekali.. begitu lemahnya iman ummah nak.. ah andai saja waktu mampu di putar..

Sungguh benar firman Allah Swt :

Allah SWT berfirman:

وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَالْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِ ۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ
wa lanabluwannakum bisyai`im minal-khoufi wal-juu’i wa naqshim minal-amwaali wal-anfusi was-samaroot, wa basysyirish-shoobiriin

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,”
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155)

* Via Al-Qur’an Indonesia http://quran-id.com

Duhai Allah.. ampuni hamba. Yang tidak mampu bersabar.. Hamba mohon ampunan, petunjuk jalan lurus.. maafkan kekhilafan dan dosa ini. Sebagai gantinya.. ikhlaskan diri hamba untuk bersedekah sebanyak apa yang mustinya saya bayar. 750rb (sengaja ummah catet di sini biar ingat). Karena hati ini milikmu ya Alloh.. Engkaulah yang mampu membolak balikkan hati.

09 maret 2018

Ummah di jemput kalian di bandara. Senangnya ummah bisa bersama kalian lagi. Menikmati setiap detik waktu bersama kalian adalah mukzijat yang indah dalam hidup ini. Kita mulai bercakap-cakap tentang momen2 yang telah kita lalui saat terpisah jarak.

Dek hammam menunjukkan kepandaian baru.. wajahnya berubah jikalau sedang marah dan kecewa.. bibirnya menjadi mewek. Momen ini bikin ummah ketawa dan segera ummah abadikan dalam foto berikut ini ..

Sedangkan afrah menjadi anak yang kurang berani.. padahal sebelumnya dia pemberani. Penyebabnya adalah ikutan bungsu nonton film hantu. (Afrah nginep sama nenek dan bungsu) Hadeehh.. ada ada saja..

Ummah cinta kalian nak.. annisa, afrah dan hammam..

Kerja, yang di kenang

Lomba Cerdas Cermat Kader

Ah senangnya bisa menjadi panitia lomba cerdas cermat kader. Cerdas Cermat ini dilaksanakan tanggal 16-November-2017 di Aula Linggau Pos Lantai 2. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tingkat Kota Lubuklinggau.

panitia lcc
TIM panitia Lcc

Pada Hari Kesehatan Nasional Tahun 2017 tema yang di angkat adalah “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Kita tahu bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah PERILAKU. Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu. Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang.

Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga. Program lain yang didorong adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Dengan GERMAS, kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

Dengan mendorong Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan GERMAS, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya.

Salah Satu upaya dalam mewujudkan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan GERMAS adalah mengaktifkan potensi Kader Kesehatan. Kader kesehatan adalah seseorang yang mau dan mampu melaksanakan upaya-upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di bawah pembinaan petugas kesehatan yang dilakukan atas kesadaran diri sendiri dan tanpa pamrih apapun. Hal tersebut sejalan dengan  prinsip bahwa masyarakat bukanlah sebagai objek akan tetapi merupakan subjek dari pembangunan itu sendiri. Pada hakekatnya kesehatan dipolakan mengikut sertakan masyarakat secara aktif dan bertanggung jawab.

Berangkat dari hal tersebut diatas dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2017, Dinas Kesehatan KotaLubuklinggau bekerja sama dengan mitra kerja  mengadakan Lomba Cerdas Cermat bagi kader kesehatan dengan Tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku Linggau BISA”.

Lomba Cerdas Cermat yang diselenggarakan ini merupakan improvisasi dari Kuis Siapa Berani tapi tetap pada akhir babak menggunakan kekompakan tim.

*Tujuan Umum  dari pelaksanaan lomba cerdas cermat ini adalah :

Meningkatkan potensi dan peran kader kesehatan secara optimal sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayahnya

*Tujuan Khusus :

  1. Mendidik para kader tentang pentingnya Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan GERMAS sebagai upaya promotif dan preventif terhadap masalah-masalah kesehatan.
  2. Mengaktifkan peran kader dalam mendeteksi masalah-masalah kesehatan secara dini yang ada diwilayah kerjanya sehingga mampu mengambil inisiatif untuk menyelesaikan masalah-masalah kesehatan tersebut.
  3. Meningkatkan koordinasi atar petugas kesehatan dan kader untuk melaksanakan upaya-upaya kesehatan masyarakat.

Kalo ada yang nanya sumber dana? Hmm.. ini murni uang sumbangan sukarela. Bukan uang kegiatan negara. Beneran dach.. Panitia juga ikutan nyumbang.. haha

Peserta terdiri atas 10 orang kader Kesehatan yang mewakili Wilayah Kerja Puskesmas. Terdapat 9 Puskesmas yang ada di Kota Lubuklinggau. Puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Perumnas, Sidorejo, Megang, Petanang, Citra Medika, Taba, Swasti saba, Simpang Periuk dan Sumber Waras. Total Jumlah peserta ada 90 orang kader.

Bicara soal peserta, waw waw.. mereka luar biasa banget!! Ibu-ibu kader itu beneran deh bikin ummah baperan. Semangat mereka luar biasa, Ya Alloh kalah dah ummah sama mereka. Terlihat banget kalo mereka prepare banget dengan perlombaan ini. Buktinya ya,, Di babak yel-yel mereka menampilkan tampilan terbaik (ada yang seragam baru) Selain itu, dari soal-soal yang di susun oleh panitia hampir semua kader bisa menjawab dengan sempurna (ada yang dapat poin 90 dari 100 pada babak seleksi). Waw waw Keren Banget yak//

lcc keren
aksi kader saat babak yel-yel

 

lcc aksi
kader kompak kader juara

Senang bisa menjadi TIM panitia LCC Kader, bekerjasama itu emang menyenangkan. Karena kita TIM maka kita bekerjasama!!

Kerja, yang di kenang

Ikut Gathering

Ikut Gathering

Ceritanya hari kamis tgl 19 oktober 2017 jadi peserta gathering penguatan surveilans kesehatan.

Gathering kemaren itu acara kumpul bersama yang ditujukan bagi surveilans dinas kesehatan yang di kemas dalam acara rekreasi, yang di lakukan dalam suasana yang menyenangkan dan disisipkan dengan beberapa bentuk permainan outbound, kemudian di kombinasikan dengan kegiatan program wisata taman masesa yang bertujuan untuk membangun keakraban antar aku dan kamu… (ciye ciye) *eh Kita Surveilas kesehatan hehe.. 😄

bentuk permainan outboound nya sungguh berkesan. kesan nya membekas dalam dada dan terpatri di sanubari, hingga jiwa raga suka terkikik sendiri kala ingat waktu itu.. *bakatgila 🤣

Permainan pertama adalah bermain dengan penuh konsentrasi.. kita diminta oleh motivator untuk konsentrasi dengan petunjuk.. kadang petunjuknya juga aneh2 dah.. sangking anehnya motivator bahkan ngak jelas ngedelivery petunjuknya. sing penting seneng aja…. sangking senengnya dapet tanda biru di muka udah seperti dapet tandatangan artis internasional…haha corat coret di pipi gembul, upik, bo-bo dan emak.. *lah?😊

Permainan kedua, polisi menangkap penjahat. menggunakan property kain sarung dan hulahop. Di permainan ini kita diminta membuat tim sebanyak kurang lebih 20 orang yang saling berpegang tangan, bergenggaman erat, berpelukan, berjanji sehidup semati *hehe (2 yang terakhir tidak yak 😅) lalu bekerjasama menggerakan tuh property.. cluenya hulahop adalah perumpamaan polisi dan kain sarung adalah penjahatnya. serunya dalam permainan ini kita malah berkonspirasi agar kadinkes yang ketangkep dan kena hukuman.. Ya Alloh ampuni dosa kami 😁

Permainan Ketiga, disini nih permainan yang penuh tantangan yang memerlukan konsentrasi, kerjasama tim, konspirasi licik, strategi yang membumi, visi yang mengangkasa *apalah 😛tahap ini dibentuklah tim, tim dipilih berdasarkan takdir.. wkwkw Tim Meoong, Mbekkk, kukuruyuk, dan guguk. Tim Meoong disebut pertama karena saya bagian dari tim meoong.. ya ampuun bangga banget dah jadi tim meoong..😍

Dan tak pernah menyangka bahwa tim meoonggg menjadi juara dalam permainan ini. ya ampuun sujud syukur kami ucapkan atas kemenangan yang sungguh luar biasa ini… hadiah pin emas yang jika ditimbang setara dengan 1 kilogram akan kami simpan tidak akan dijual,,*Lebay🤣

*ditulis dengan majas hiperbola ala ala
*merekamjejak

Foto Dian Aftrisia.